Senin, 18 Desember 2017

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS

Seberapa kuat kemampuan analisis Anda? Apakah Anda tidak terlalu percaya diri dengan jawabannya? Sebenarnya, dengan latihan rutin, Anda dapat memerkuat kemampuan analisis dari waktu ke waktu.


Kemampuan analisis termasuk keterampilan kognitif yang penting. Kalau Anda mempunyai kemampuan analisis yang baik, maka bisa jadi faktor penentu kesuksesan karier di masa mendatang.
Kemampuan analisis penting untuk mendukung tugas-tugas Anda di kantor, di antaranya saat mengumpulkan informasi, menyusun laporan, memecahkan masalah, merangkum data statistik, mengambil keputusan, mengidentifikasi tren, dan melaksanakan proyek dengan efektif. Berikut cara mudah meningkatkan kemampuan analsisi seperti disarikan dari Career Addict.
Lebih aktif membaca buku

Saat membaca, otak Anda akan aktif bertanya. Misalnya, ketika mengikuti alur novel, Anda akan bertanya dan menduga cerita selanjutnya. Begitu pula ketika Anda membaca tulisan “berat” lainnya. Anda akan mencari tahu tentang penjabaran dari judul artikel. Teknik lain yang berguna adalah mempertanyakan dan membandingkan perspektif penulis dengan pemikiran Anda sendiri. Catat ide dan pemikiran baru yang merupakan hasil bacaan Anda. Bacaan aktif merangsang dan memperluas otak dan memungkinkan Anda untuk berpikir dengan cara baru.
Berjalan-jalan di luar ruangan
Jalan-jalan di luar ruangan dan menikati pemandangan alam adalah aktivitas sederhana yang dapat membantu meningkatkan kemampuan analisis Anda. Sekali lagi, Anda harus melibatkan diri secara aktif. Sambil berjalan-jalan, Anda bisa mengamati segala hal yang dilihat dengan hati-hati. Ambil rinciannya. Cobalah untuk menggunakan semua indera. Rasakan. Kemudian,pertanyaan apa yang timbul di benak Anda? Lalu, ingatlah hal yang telah Anda amati dan tuliskan keesokan harinya. Berapa banyak informasi yang bisa Anda ingat?
Permainan asah otak
Teka-teki Sudoku dan permainan lain yang menggunakan keterampilan logika adalah cara sederhana  untuk melatih kemampuan analisis Anda. Permainan lain seperti catur, bridge dan lainnya yang menuntut langkah strategis juga merupakan cara menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Hobi ini juga bisa dinikmati seluruh keluarga sehingga bisa menjadi aktivitas ikatan keluarga yang hebat pula.
Bertemu dengan mitra kerja, teman dan kerabat
Aturlah pertemuan dengan atasan, rekan kerja, teman atau kerabat lainnya di luar jam kantor. Selama percakapan, Anda bisa belajar banyak dari mereka. Apakah itu pelajaran hidup seperti pengelolaan stres, atau cara pengembangan karier, atau filosofi pendidikan keluarga. Selama mengobrol, pastikan Anda tetap menyimak dan otak tetap terlibat. Anda dapat meningkatkan kemampuan analisis dan keterampilan komunikasi interpersonal. Anda juga bisa lebih akrab dengan atasan, rekan kerja dan teman yang ditemui.
Dengan meningkatkan kemampuan analisis, Anda akan dapat memahami dan menghargai debat dan konsep, memecah informasi kompleks dan merampingkan proses pencarian solusi. Kemampuan kognitif ini termasuk dalam daftar keterampilan kritis untuk membangun karir yang sukses.

AGAR KERJA CEPAT TETAP BERKUALITAS