Kamis, 14 Desember 2017

MANFAAT MEMBACA

Seiring perkembangan zaman, membaca buku atau artikel panjang menjadi kegiatan yang jarang dipilih dibandingkankan membuka chat, facebook, atau tweet. Padahal kebiasaan membaca dapat membantumu untuk mengembangkan diri. Berikut manfaatnya memiliki kebiasaan membaca.

  1. Menambah pengetahuan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan membaca kamu akan memperkaya wawasanmu. Wawasan tersebut akan melengkapi keseharianmu dalam pekerjaan maupun diluar pekerjaan. Misalnya dalam perbincangan dengan teman kerja, calon klien, atau dengan sahabat sekalipun, kamu akan terlihat berbeda dengan memiliki wawasan yang luas. Knowledge is power, keep that in mind.

  1. Mengurangi stress

Menurut penelitian yang dilakukan University of Sussex, membaca dapat mengurangi tingkat stress hingga 68 persen. Kamu cukup membaca selama 6 menit di setiap harinya untuk memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan di otot akibat pekerjaan rutin yang kamu lakukan.
Bandingkan saja membaca dengan kegiatan lain dan dampaknya untuk menutunkan tingkat stress, seperti mendengarkan music (61%), minum secangkir teh (54%), dan berjalan kaki (42%). Luar biasa bukan?

  1. Meningkatkan empati

Ketika membaca sebuah buku atau artikel, kamu seakan-akan menyelami jalan pikiran dari penulis. Proses tersebut akan membuatmu memahami kompleksitas dari sebuah persoalan dan melatih rasa keingintahuanmu. Empati dalam lingkungan kerja dapat membuatmu mengerti sebuah persoalan secara menyeluruh dan kamu akan menjadi rekan kerja yang dapat diandalkan.

  1. Melatih otak

Seperti halnya bagian tubuh kita yang lain, otak perlu latihan supaya tetap sehat dan kuat. Dengan memiliki pola pikir yang terlatih, kamu akan mampu menyerap ilmu lebih cepat, pengambilan keputusan yang kuat, dan daya tahan dalam bekerja.

  1. Membantumu tidur lebih baik

Tidur adalah sebuah faktor yang penting dalam kehidupan kariermu. Tidur yang cukup akan memberimu tenaga dan kemampuan berpikir keesokan harinya. Nah seringkali kita memilih kegiatan yang kurang tepat sebagai sebelum kita tidur. Membaca adalah kegiatan yang pas untuk kamu lakukan sebelum tidur. Seperti disarankan oleh National Sleep Foundation, untuk melakukan kegiatan membaca sebelum tidur sebagai “calming activity“. Namun perlu kamu ingat, pilihlah untuk membaca buku (bukan e-book), karena membaca melalui perangkat elektronik akan menyebabkan sulit tidur.
Sumber : URBANHIRE

AGAR KERJA CEPAT TETAP BERKUALITAS